MENULIS BUKU DARI KARYA ILMIAH

 Resume ke 4

Gelombang 25

Tema Menulus Buku dari Karya Ilmiah

Nara Sumber Ibu Noralia Purwa Yunita,M.Pd.


        Rabu 25 Mei 2022 adalah pertemuan ke 4,namun karena pas waktu yang dijadwalkan kondisi terasa begitu lelah,karena siangnya ada acara dari pagi sampai sore,jadi sekedar menyimak saja dengan rasa kantuk yang luar biasa tanpa bisa meresume.Sebenarnya materinya sangat menarik sekali,namun apalah daya dari pada memaksakan diri ,insyAlloh masih ada waktu untuk bisa meresumenya(pikirku dalam hati).Demi mengejar ketertinggalan dari teman-teman hebat aku luangkan waktu untuk menyimak kembali paparan dari nara sumber yaitu ibu Noralia Purwa Yunita M.Pd. dengan moderator Ibu Helwiyah.
Subhanalloh,kesan pertama melihat profil beliau,kelihatan begitu masih muda.Namun sungguh luar biasa hebat melihat dari karya- karya beliau .
Diawal perkenalan beliau mengatakan"Saya seorang guru biasa ,namun punya semangat belajar yang luar biasa" dan ingin tahu tahu dan ingin punya pengalaman yang sebanyak-banyaknya.👍
            Materi yang beliau sampaikan adalah "Menulis buku dari karya ilmiah".

Sessi 1.

Mengapa harus buku???
  1. Buku akan lebih bermakna dan bermanfaat, karena tentunya bisa dibaca oleh siapapun,namun jika masih berupa KTI,paling - paling disimpan secara pribadi atau diperpustakaan.
  2. Insya Alloh akan mendatangkan materi sebagai bonus tersendiri,karena jika berupa buku bisa laku terjual
  3. Hasil penelitian akan tersebar luas ,KTI yang sudah dikonversi menjadi buku akan mudah diakses oleh banyak pihak,akibatnya penelitian dapat diketahui oleh masyarakat luas.
  4. PAK,merupakan tuntutan bagi ASN,ini merupakan peluang untuk menjadikan KTI menjadi sebuah buku yang tentunya buku mempunyai nilai point yang tinggi,sehingga sangat menguntungkan untuk PAK
Bagaimana mengubah KTI menjadi sebuah Buku???
  1. Ubah judul KTI yang terkesan kaku dan ilmiah menjadi judul populer yang menarik dan eye catching.Hilangkan materi,subyek,tempat penelitian,sehingga lebih singkat,padat dan jelas namun tidak terkesan kaku
          Sebagai contohnya:"Efektivitas SEM Berbasis Mind Map pada mata pelajaran Kimia untuk meningkatkan pemecahan masalah siswa materi pokok reaksi Redoks"

bisa diubah menjadi

"Metode SEMMI dalam Pembelajaran Sains Abad 21"

      2. Ubah DAFTAR ISI
          Biasanya untuk beberapa karya ilmiah ,daftar isi berupa:
  • BAB I: Pendahuluan(yang berisi latar belakangmasalah,tujuan,manfaat,batasan masalah)
  • BAB II: Landasan teori
  • BAB III: Metode penelitian
  • BaAB IV: Hasil dan pembahasan
  • BaAB V: Penutup (yang bisis kesimpulan dan saran)
Dengan mengikuti pedoman 2 W + 1 H maka KTI bisa diubah menjadi sebuah buku.
  • BAB I: Why (menjelaskan masalah umum pembelajaran sains,pentingnya metode pembelajaran yang menarik  untuk siswa,alasan metode SEMMI dalam pembelajaran)
  • BAB II: What ( menjelaskan apa itu metode pembelajaran,metode SEMMI.karakteristik metode,pembelajaran abad 21)
  • BAB III,IV,V dan seterusnya : How ( menjelaskan bagaimana tahap pembuatan,bagaimana hasil pembuatan,bagaimana penerapan)
Bisa juga mengembangkan materi dari BAB II dari KTI yang merupakan landasan teori berisi:
      2.1.Hasil belajar
      2.2.Media pembelajaran
      2.3.Modul
      2.4.Metode pembelajaran
      2.5. Pembelajaran SEMMI

Jika dikonversi menjadi

Sub BAB 2.2. Media pembelajaran menjadi BAB III
BAB III: MEDIA PEMBELAJARAN
     3.1. Pengertian media
     3.2. Jenis media
     3.3. Manfaat  media.
Sub BAB 2.3.Modul menjadi BAB IV
BAB IV: MENGENAL MODUL
     4.1. Pengertian modul
     4.2. Karakteristik modul
     4.3. Sistematika modul
     4.4. Kelebihan modul
     dst
Dengan demikian hanya dari BAB II saja kita sudah dapat menuliskan/mengubahnya menjadi beberapa BAB dalam buku.Perbanyak penjelasan teori dari  dari BAB II karya ilnmiah dan juga hilangkan rumus statiska yang biasanya ada pada BAB III karya ilmiah.

3. Hapus  pada BAB I, Karya ilmiah  yang biasanya menulis tentang :
  • Rumusan masalah
  • Tujuan penelitian
  • Manfaat penelitian
  • Definisi operasional
  • Hasil penelitian terkait
4. Tampilan grafik sebaiknya jangan terlalu banyak,pilih yang penting.Grafik yang tidak  ditampilkan bisa diubah dalam bentuk kalimat

5. Berbeda  penyajiannya
Susunan bahasa dan gaya tulisan bebas sesuai kreativitas masing-masing sesuai dengan pengalaman dan bahan bacaannya.Namun demikian upayakan agar pembaca memahami isi buku kita secara lengkap dan mengapa karya ilmiah kita diubah menjadi buku

6. Kaitkan dengan kondisi terkini agar buku kita lebih mengikuti jaman
Sekarang abad 21 yang lebih menekan  kan 4C yaitu
  • Ketrampilan berpikir kritis
  • Kolaboratif
  • Komunikasi
  • Kreatif
7. Daftar Pustaka boleh menggunakan blog namun harus situs resmi seperti kemendikbud,go.id.Jurnal Ilmiah,e book atau jkarya ilmiah lainnya.
Hindari menggunakan daftar pustaka berupa blog pribadi dengan domain blogspot,wordpress dan lain sebagainya.

8. Berikan ulasan mengenai kelebihan dan kelemahan penelitian yang  telah dilakukan,agar pembaca yakin bahwa anda benar -benar telah melakukan penelitian tersebut.

9. Sesuaikan dengan aturan penerbit.
Karya ilmiah versi buku ,minimimal 70 halaman,format A5 dengan huruf,jenis huruf dan margin yang sudah ditentukan.

Sessi 2

"Menulis Artikel Ilmiah untuk Jurnal dari KTI

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan artikel Ilmiah:
  • Sesuaikan dengan template jurnal yang dituju,Sebagus apapun penelitiannya kalau tidak sesuai template maka akan ditolak.
  • Judul harus singkat ,padat,jelas dan tetap ilmiah.Hindari penggunaan singkatan pada judul dan kata kunci wajib disematkan dalam judul.
  • Baris kepemilikan harus dicantumkan,nama(tanpa gelar),instansi,jabatan akademik
  • Abstrak biasanya berupa tujuan penelitian,metode penelitian,hasil simpulan.Namun karena jumlah kata dalam abstrak sangatlah terbatas maka latar belakang masalah dan tinjauan pustaka tidak perlu dimasukkan.Penulisan keyword pada abstrak sebaiknya 3 sampai 5 kata, dipisahkan dan tanpa kata penghubung
  • Pendahuluan berisi latar belakang masalah,sedikit tinjauan pustaka,rumusan masalah dan tujuan penelitian
  • Pada  bagian metode penelitian,hindari penulisan rumus statiska yang berlebihan.Cukup berisi subyek penelitian,desain penelitian (dalam bentuk bagan),tekhnik pengambilan data,analisis data(tanpa harus rumus statiska),juga harus ada sumber rujukan dari metode yang digunakan.
  • Perbanyak penggunaan tabel atau diagram untuk menyajikan hasil penelitian.
  • Simpulan merupakan jawaban dari rumusan masalah yang diajukan dan ditulis dalam bentuk paragraf (bukan numerial)
Kita boleh menulis KTI dari orang lain,namun kita harus ijin terlebih dahulu dan harus menyematkan nama penulis dari KTI tersebut.Karena jika tidak itu termasuk Plagiarisme .
Dalam pembuatan buku harus menggunakan EYD,tata bahasa,diksi,dan itu dapat dipelajari dari banyak membaca buku sejenis atau non fiksi.
Untuk pembuatan sebuah buku maka perlu adanya pendampingan dan editor.Sehingga buku kita layak untuk dipublikasikan.
Jangka waktu penerbitan sebuah buku normalnya  kisaran 2-3 minggu.
Aturan artikel untuk jurnal biasanya 7-8 tahun terakhir,namun jika lebih dari itu usahakan pembahasan buku dikaitkan dengan kiondisi jaman sekarang sehingga isi buku jauh lebih kekinian dan terbaru.
Hiptesis sebaiknya dimasukkan dalam bentuk secara global saja,conthnya: pembelajaran dengan metode ....telah penulis laksanakan disekolah....pada kelas.... dan menghasilkan peningkatan sebesar ...%.Perbanyak pembahasan mengapa hasil sekian persen tersebut dapat dicapai dan jangan lupa berikan opini kita dan kaitkan dengan teori dari penelitian sejenis.
Pembuatan tabel yang mudah,harus paham terlebih dahulu variabel terikat dan bebas dari penelitian.Apa saja yang mau diukur dan data apa yang akan diambil.Contohnya untuk data hasil belajar ,maka nilai pengetahuan yang harus diambil datanya.Jika terdapat kolom nama siswa,nilai pada siklus I ,nilai pada siklus II, kenaikan nilai.Dengan demikian pembaca akan kebih mudah membaca daa,apakah ada perbedaan pada siklus dan selanjutnya.
Tesis yang pernah diterbitkan bsa diterbitkan kembali dengan kata EDISI REVISI ,maka nanti akan diterbitkan ulang dan dapan ISBN baru.Bisa dengan judul yang sama atau dengan judul yang berbeda.Obyek penelitian dapat disematkan pada pembahasan tentang hasil penelitian dimana kalimat pengantarnya bisa sebagai berikut:
"Pada bab ini merupakan uraian hasil peelitian yang telah dilakukan penuls di sekolah.... pada kelas...,namun tidak berlebihan dalam memasukkan hasil data penelitian dan hasil statiska penelitian.
Semua KTI bisa dijadikan buku termasuk tentang metode pembelajaran dengan sistem tutorial yang berbentuk aplikasi,karena media pembelajaran seperti itu sekarang banyak diminati.

CLOSING STATEMENT dari beliau:
"Dapat menghasilak karya ditengah kegiatan itu biasa, namun dapat berkarya dengan kesibukan yang begitu banyaknya,itu baru ISTIMEWA"








Komentar

Posting Komentar